Earphone Anda Cepat Rusak ? Inilah Cara Merawat Headset Yang Baik

Cara Merawat Headset Yang Baik - Earphone serta headset yakni merupakan  benda elektronik yang jadi andalan untuk mendengarkan lagu atau menikmati suara ketika menonton video/film dari media yang kita gunakan.  Khusus earphone kerap juga dipergunakan untuk menelepon. Serta headset lazimnya digunakan untuk perangkat  tambahan  ketika menikmati konten multimedia maupun untuk bermain game.

Earphone serta headset juga memiliki fungsi sebagai alternatif speaker.  Dengan hal itu, tentunya kita tidak hanya terus  mengandalkan speaker, terlebih jika digunakan di tempat publik.  Karena mempunyai manfaat serta fungsi yang banyak, tentunya headset menjadi salah satu barang idaman untuk banyak orang, termasuk Anda. Namun, terkadang headset kurang diperhatikan dalam hal perawatannya.

Tidak seperti halnya pada laptop yang perawatannya ataupun kamera DSLR yang begitu inten untuk merawatnya, bahkan sebagian orang yang beranggapan headset tak mesti dirawat
Padahal seperti halnya  benda elektronik lainnya, headset mesti diperhatikan dalam perawatannya. Tidak sedikit orang kurang memperhatikan untuk merawat headset. Akan mulai terasa khawatir ketika headset kesayangannya, muncul kendala( rusak), terlebih jika harganya mahal.

Nah sebelum  terlanjur headset anda rusak, tak ada salahnya anda mengetahui akan bagaimana cara merawat headset yang baik.  Penasaran hal apa saja yang mesti anda lakukan ?, langsung saja ikuti penjelasan berikut ini.


Cara Merawat Headset

7 Cara Merawat Headset yang Baik 

1. Hindari Volume Maksimal 


Cara Merawat Headset
Sumber : Tirto.ID
Apakah anda terbiasa menggunakan headset dengan pengaturan suara yang terlalu keras atau maksimal? Jika sering, sebaiknya hentikan kebiasaan  buruk ini.
Jika kebiasaan tersebut sering anda lakukan dapat dipastikan komponen pada headset anda cepat rusak. Bahkan cenderung dapat mengakibatkan tidak menghasilkan suara yang jernih layaknya seperti awal penggunaan. Selain itu, pengaturan suara yang terlalu keras akan mengakibatkan suara headset anda menjadi  bocor.

Satu hal lagi, kebiasaan  menggunakan headset dengan volume tinggi juga, tentunya tidak baik untuk kesehatan telinga Anda.

Efeknya, telinga  cenderung mengalami penurunan kepekaan dalam mendengar  terutama suara pelan. Dengan hal tersebut, dari sekarang  merubah kebiasaan buruk anda yang kerap kali menggunakan pengaturan suara yang terlalu tinggi.

2. Menggulung Kabel Headset dengan Benar 


Cara Merawat Headset
Sumber : baturajaradio.com
Headset serta earphone mempunyai kabel yang panjang serta terkadang menimbulkan Anda merasa pusing bila kabelnya kusut seperti terbelit-belit.
Untuk menghindari hal ini, sebaiknya merapikan kabel headset dengan cara menggulung, namun tidak asal menggulung. Berikut ada beberapa cara menggulung kabel headset yang benar:

  • Gunakan tiga jari tangan (telunjuk, jari tengah, jari manis) dekatkan ke kabel selanjutnya gulungkan kabel melingkari tiga jari tangan.
  • Jangan seluruh kabel digulung, sisakan sekitar dari 10 cm. Lepaskan tiga jari tangan dari gulungan kabel headset. 
  • Gulungkan ujung kabel headset tadi sebagai pengikat. 
  • Masukkan bagian jack headset tepat di tengah gulungan tadi.



Lebih jelasnya bisa melihat video berikut ini!



3. Membersihkan Secara Rutin   


Cara Merawat Headset
Sumber : idntimes.com
Headset juga butuh perawatan secara rutin. Rawatlah headset dengan cara membersihkan bagian kabel yang rentan terkena kotoran. Gunakan cairan alkohol untuk membersihkan kabel-kabel tersebut dari kotoran serta bakteri yang menempel.   Selain itu, bersihkan juga debu-debu yang  biasa menempel di bagian earbud.  Untuk membersihkannya dapat menggunakan cotton bud yang sudah dicelupkan cairan alkohol terlebih dahulu. Selain dengan menggunakan cotton bud  ada opsi lain yakni menggunakan sikat gigi. Setelah dibersihkan suara headset tersebut kembali nyaring seperti awal penggunaan.

4. Mengeringkan Telinga dan Menghindari Air 


Cara Merawat Headset
Sumber : idntimes.com
Salah satu hal yang dapat menimbulkan headset cepat rusak yakni kehadiran air yang dapat masuk ke earbud. Lazimnya barang elektronik, besar kemungkinan akan konslet bila terkena air. Maka dari itu, sebaiknya hindari earbud terkena air.

Di luar itu, ada bagusnya sebelum headset digunakan, pastikan terlebih dahulu telinga anda dalam kondisi kering. Sepintas merupakan hal yang sepele, namun dapat menimbulkan bahaya serat merusak headset. Jadi, jika anda setelah mandi atau kehujanan tentunya ada jangan langsung menggunakan headset, sebelum kondisi telinga anda banar – benar kering.

5. Menyimpan Headset di Tempat Khusus 


Cara Merawat Headset
Sumber : mrfdn.com

Ada bagusnya simpan headset di tempat  telah tersedia (khusus). Misalnya di hardcase atau kantong tertentu atau mungkin  kantong kecil yang tak terpakai. Dengan hal itu, dapat menghindari resiko dari kabel yang bercampur dengan kabel lainnya.

Bila anda mempunyai headset gaming, dianjurkan membeli gaming bag supaya headset sudah dijamin terlindungi. Terutama waktu Anda keluar rumah. Bila anda menggunakan kantong biasa, sebaiknya hindari benturan atau tekanan dari bendalain kepada headset.

6. Membersihkan Bantalan Headset 


Cara Merawat Headset
Sumber : urbandigital.id
Ada beragam jenis headset yang dilengkapi bantalan yang empuk. Bantalan ini juga mesti dirawat serta jangan disepelekan.

Supaya bantalan tahan lama, sebaiknya hindari terkena pancaran sinar matahari langsung. Selain itu, bersihkan bantalan dengan katun atau microfiber selepas mempergunakannya. Maksudnya supaya bantalan headset terhindar dari keringat serta debu.

Untuk Anda yang kerap kali main game serta sering menggunakan headset dengan bantalan, ada baiknya hindari asap rokok serta keringat yang berlebihan. Meninjau bermain game senantiasa dalam kurun waktu yang lama, dapat dipastikan adanya keringat yang terkena bantalan headset. Supaya dapat terbebas dari keringat yang menempel, rajinlah membersihkan bagian bantalan headset seperti yang telah disampaikan.

7. Hindari Meminjamkan Headset ke Orang Lain 


Cara Merawat Headset
Sumber : journal.sociolla.com
Cara merawat headset agar awet yakni jangan dibiasakan menggunakannya secara beramai-ramai,  bergantian.

Anggap headset halnya sikat gigi yang diperuntukan untuk kebutuhan pribadi. Coba pikirkan bila headset sering dipinjamkan, mungkin saja ada kuman bekas pemakaian orang  yang menempel di headset kita.

Kita ambil contoh, banyak headset di warung internet yang cepat rusak. Karena dengan menyimpan atau menggulung kabel dengan seenaknya, itulah penyebab headset cepat rusak.  Pada umumnya headset yang dipakai untuk warnet memang harganya murah, mengingat mesti dengan harga yang mahal, besar kemungkinan tidak dapat bertahan lama.

Penutup

Nah, itulah ulasan tentang Tips Cara Merawat Headset Yang Baik.  Semoga tulisan tersebut dapat menambah wawasan akan perlunya perawatan headset agar dapat bertahan lama.  Terima kasih atas kunjungannya di ulasanhp.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel